Peran Media Lokal Kalteng Ikut Memasyarakatkan Bahasa Indonesia

Kabarbanua.com,Palangka Raya – Tahun 2019 Balai Bahasa Kalimantan Tengah mengagendakan penyuluhan bahasa Indonesia bagi awak media cetak, elektronik dan online se-Kalimantan Tengah.

Acara berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 25 sampai 27 November 2019 disalah satu hotel di Palangka Raya yang dihadiri oleh siswa/i SMA dan SMP, mahasiswa Universitas yang ada di Palangka Raya yang bergelut di bidang media serta jurnalis pemerintah dan wartawan.

Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, I Wayan Tama dalam acara penutupan, Rabu (27/11/2019) menyampaikan hasil penyuluhan bahasa bisa diimplementasikan di media massa masing-masing.

“Penggiat media di Kalimantan Tengah baik cetak maupun online meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia secara terampil, baik dan benar karena bahasa Indonesia merupakan cerminan dari perilaku dan sikap kita sehari-hati”, ungkap Wayan.

Lebih lanjut I Wayan Tama mengatakan kedepannya media lokal di Bumi Tambun Bungai mampu bersaing di skala nasional dan Internasional dan bersinergi untuk memasyarakatkan bahasa Indonesia.

“Apapun yang dikatakan media sangat cepat viral dan diikuti oleh masyarakat. Media harus berani berkompetensi menjadi agen perubahan masyarakat dengan mengemas berita secara elok dan faktual sehingga dapat dikomsumsi masyarakat”, lanjutnya.

“Kita tetap kumandangkan slogan ” Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing” tutup Wayan mengakhiri kata sambutannya sekaligus menutup kegiatan tersebut.

Tinggalkan Balasan