Produk UMKM Perlu Cari Peluang di Pasar Online

Kabarbanua.com, Palangka Raya – Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Khemal Nasery, mendorong pelaku UMKM setempat untuk mampu pemasarkan produk usahanya dipasaran online.

“Cara pemasaran produk UMKM kita masih secara konvensional atau offline, maka itu kita dorong untuk segera mengembangkan bisnisnya ke sistem online,” ungkapnya, Minggu (1/12/2019).

Namun begitu kata Khemal, tanpa mengkesampingkan sistem pemasaran saat ini, maka upaya menjelajah pasaran online dimaksudkan agar pelaku UMKM tidak tertinggal oleh perkembangan zaman yang sudah memasuki era serba digital.

Saat ini kata dia, banyak sekali keberagaman market place yang tersedia, sehingga akan mempermudah bagi pelaku UMKM yang selama ini masih belum memiliki lapak dapat mengembangkan produk secara online.

Disisi lain melalui pemasaran produk secara online, akan memudahkan pelaku UMKM menelurkan ide kreatif agar produk yang di promosikannya dapat berkembang dengan baik di pasaran.

“Sistem online ini banyak keuntungan, sebut saja ketika produk lewat konvensional tidak berjalan, maka melalui online tidak ada masalah bisnis tetap jalan,” jelas Khemal.

Lebih lanjut legislator Partai Golkar ini mendorong pelaku UMKM untuk terus mencari solusi dalam meningkatkan pemasaran produknya. Namun yang perlu diperhatikan, upaya pemasaran itu tidak dapat dilakukan seorang diri, melainkan berkolaborasi dengan banyak pihak.

Sebut saja bekerjasama dengan pihak komunitas, akademisi, pemerintah serta media, maka akan terasa komplit jika sudah dapat bermitra membangun kerjasama.

“Menurut hemat saya sistem pemasaran online akan lebih memberi keuntungannya. Termasuk lebih mudah dalam pengawasan, bahkan dapat mengurangi hambatan dalam berbisnis.Intinya sistem ini perlu dicoba,” sarannya.

Red

Tinggalkan Balasan