Gemarikan Dan Kontes Ikan Cupang Meriahkan Peringatan Hari Ikan Nasional

Kabarbanua.com,Martapura– Lomba Ikan Hias Cupang sekaligus Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) digelar oleh Dinas Perikanan Kabupaten Banjar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-Alun Ratu Zalecha, Martapura, Minggu (1/12/2019) pagi.
Kontes ikan hias disambut antusias warga pecinta ikan cupang, hal ini dibuktikan dengan ratusan peserta yang datang beramai-ramai dengan membawa ikan hias mereka.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).
Kepala Dinas Perikanan Banjar Riza Dauly menjelaskan bahwa perayaan Hari Ikan Nasional dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi.

Selain itu, perikanan memiliki potensi yang perlu dimanfaatkan secara optimal namun tetap berprinsip pada kelestarian alam.
“Pada Kabupaten Banjar ini, capaian produksi perikanan tangkap sampai triwulan III sebesar 5.197 ton/48,6 persen dari target 10.060 ton, perikanan budidaya 45.625 ton/82,7 persen dari target 63.000 ton dan produksi olahan 84,6% dengan 26 Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) dari target 730 ton,” jelas Dauly.
Selanjutnya Kadis Perikanan itu juga menyampaikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) merupakan gerakan yang memotivasi masyarakat terutama anak-anak untuk mengkomsumsi ikan secara teratur agar terbentuk genereasi muda yang sehat, kuat dan cerdas.
“Dengan Gemarikan ini diharapkan dapat memberi pengaruh pada peningkatan nafsu makan utamanya anak-anak untuk gemar komsumsi ikan, yang akan kaya gizi,” ucapnya.
Untuk lomba ikan hias Cupang ini, Riza Dauly mengatakan bahwa kontes ini merupakan ajang promosi dan mediasi bagi pemerintah, pecinta dan penggemar ikan hias, komunitas produsen, pedagang dan pelaku yang berkecimpung terhadap pengembangan dunia perikanan, khususnya ikan hias jenis Cupang.
Hadir pada acara tersebut. Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Farid Soufian, Kepala Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Banjar Eddy Hasby, Tokoh Agama Kabupaten Banjar KH Muhammad Itqon, serta tamu undangan lainnya.

Red

Tinggalkan Balasan