Pemkab Tanbu Gelar Simulasi Peralatan Penanggulangan Bencana

Kabarbanua.com,Tanah Bumbu– Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu Eryanro Rais,diwakili Kabid Kesiapsiagaan dan kedaruratan Abd Rahim, mengatakan masih tingginya curah hujan dalam beberapa bulan kedepan menuntut semua pihak bekerja sama dalam meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi akan terjadinya bencana seperti banjir.

“Kalau rawan banjir hampir seluruh kecamatan terutama untuk wilayah pesisir pantai seperti Kecamatan Angsana,Satui dan Simpang Empat,”Ungkap Abd Rahim, Kabid Kesiapsiagaan dan Kedaruratan.

Tujuan di adakan simulasi peralatan serta penanggulangan bencana untuk memberikan pengetahuan serta cara penanggulangan bencana dan mendeteksi secara dini potensi bencana seperti banjir

Untuk itu ia mengharapkan upaya antisipasi bencana tersebut sangat dibutuhkan peran aktif dari semua pihak dan ini merupakan tanggungjawab bersama.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor diwakili Staf Ahli Drs HM Thaha,dalam sambutannya mengatakan, letak geografis dan kondisi geologi Kabupaten Tanah Bumbu menjadi tingkat kerawanan terjadinya bencana banjir.

” Belajar dari kejadian banjir 2015-2019 kemarin kita harus melakukan evaluasi dan kewaspadaan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan bencana tahun ini,” tegasnya

Untuk itu Bupati meminta kepada BPBD Kabupaten Tanah Bumbu dan seluruh unsur pelaksana penanggulangan bencana harus selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan melalui sosialisai dan deteksi dini bencana.

” Posko posko yang ada ditiap kecamatan berserta personil agar selalu siap siaga,sehingga jika sewaktu waktu terjadi bencana segera dapat bekerja secara cepat tepat dan efektif,” pungkasnya.

Red

Editor : Rini

Tinggalkan Balasan